ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 SRAGEN
ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 SRAGEN
Keywords:
Efektivitas Pembelajaran, Al-Quran Hadis, Metode Pembelajaran, Madrasah TsanawiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran Al-Quran Hadis pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen, dengan fokus pada aspek metode pembelajaran, pencapaian tujuan pembelajaran, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru Al-Quran Hadis, dan siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Quran Hadis telah berjalan efektif dengan implementasi variasi metode pembelajaran seperti talaqqi, drill, dan diskusi. Faktor pendukung meliputi kompetensi guru, program pendukung seperti tutorial sebaya dan ekstrakurikuler tahfidz, serta sistem evaluasi berkelanjutan. Kendala yang dihadapi mencakup heterogenitas kemampuan dasar siswa, keterbatasan waktu pembelajaran, dan variasi dukungan lingkungan keluarga. Solusi yang diterapkan meliputi program bimbingan intensif, pembelajaran tambahan melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan program parenting untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran.
Downloads
References
Alanshari, M. Z., Ikmal, H., Muflich, M. F., & Khasanah, S. U. (2022). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(3), 392-400. doi:https://doi.org/10.31538/almada.v5i3.2623
Dewi, A. K., Manurung, H., Agus Yulistiyono, S., Ariningsih, K. A., Wulandari, R. W., Rif'an, A., & Harahap, E. (2021). Strategi dan pendekatan pembelajaran di era milenial: EDU PUBLISHER.
Hendra, R. (2022). Strategi Pembelajaran Al-Quran Hadis Di Era Society 5.0. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 43-57. doi:https://doi.org/10.32478/piwulang.v5i1.1168
Miles, M. B. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks.
Muamanah, H. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 161-180. doi:https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1329
Mujoko, H., Abbas, N., & Nisaa, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen. Bulletin of Community Engagement, 4(2), 415-428. doi:https://doi.org/10.51278/bce.v4i2.1412
Ningsih, W., & Zalisman, Z. (2024). Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dalam konteks global: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
PIAGET, J. (1976). TEORI.
Rizalludin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 33-37. doi:https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7138
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif: PT. Kanisius.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suparlan, S. J. I. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. 1(2), 79-88.
Syurfah, A. (2017). Multiple intelligences for islamic teaching: Cerdas Interaktif.
Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ngatmin abbas hanik nurrohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.