PROBLEMATIKA DAN KESIAPAN GURU TERHADAP KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
Problematika, Kesiapan Guru, Kurikulum MerdekaAbstract
Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang bermacam-macam agar peserta didik lebih optimal dan memiliki konsep dan menguatkan kompetisi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terhadap problematika kesiapan guru terhadap penerapan kurikulum merdeka. . Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan meriview semua artikel terkait dengan kurikulum merdeka dan masalah yang dihadapi guru dalam kurun waktu 2018-2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini artikel yang diperoleh dari Google Scholar. Penerapan kurikulum merdeka belajar adalah terobosan yang membantu guru dan kepala sekolah dalam mengubah proses belajar menjadi relevan, mendalam dan menyenangkan. Dalam Kurikulum merdeka ini guru dituntut lebih kreatif dalam merancang modul ajar Problematika guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada umunya terdapat pada pemahaman struktur kurikulum yang dituntut dalam Pembelajaran intrakulikuler dan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5).
Downloads
References
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Herry Hernawan, A., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 da Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 Nomor 4, 5877–5889.
Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian Akademik : Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Anwar, R. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987
Evy Ramadina. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic Islam Nusantara, 7(2).
Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845
IHSAN, M. (2022). KESIAPAN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. SERI PUBLIKASI PEMBELAJARAN VOL. 1 NO. 1 (2022): ISU-ISU KONTEMPORER-AKBK3701, 37-46.
Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391
Kemdikbud. (2021a). Merdeka Belajar Episode 1. Www.Merdekabelajar.Kemdikbud.Go.Id.
Prihatini, Arti, and Sugiarti. 2022. “Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: 58–70.
Rani Febrianningsih, Z. H. (2023). Kesepakatan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Issue 3 (2023), 3335-3344.
Rahayu, R., Rosita, R., Sri Rahayuningsih, Y., Herry Hernawan, A., & Prihahantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6, 6313–6319.
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1.
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 46– 47.
Sarinah. (2015) Pengantar Kurikulum. Yogyakarta: Deepublish.
Yeyen Afista, A. P. (2020). ANALISIS KESIAPAN GURU PAI DALAM MENYONGSONG KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR (STUDI KASUS DI MTSN 9 MADIUN). Journal of Education and Management Studies Vol. 3, No. 6, Desember 2020, 53-60.
Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 3(008).
Joni Albar1, M. (2022). ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmad Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.