RESEPSI HADIS LARANGAN MEMAKAI GELANG BAGI LAKI-LAKI DALAM AKUN TIK TOK ANIMASI EDUKASI (ANALISIS INFORMATIF)

Authors

  • Syaifulloh Arif Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam Bangkalan
  • Fahrul Fahrul Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam Bangkalan, Indonesia
  • Sultoni Sultoni Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam Bangkalan, Indonesia
  • Husni Mubarok Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam Bangkalan, Indonesia
  • Iqwamul Qolbi Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam Bangkalan, Indonesia

Keywords:

Hadis, Gelang, Resepsi

Abstract

Hadis yang disabdakan Rasulullah tentang larangan laki-laki menyerupai perempuan dan begitu pula sebaliknya (tasyabbuh), divisulisasikan oleh Angga Liberty dalam akun media sosialnya sebagai dalil larangan memakai gelang bagi laki-laki. Konten visualisasi tersebut diunggah dalam akun Tik Toknya yang bernama “Animasi Edukasi” dalam bentuk kartun animasi. Visualisasi hadis yang diunggah dalam akun Animasi Edukasi tersebut menuai berbagai kontroversi, karena hadis yang dikutip dan divisualisasikan dalam unggahan akun Tik Tok Animasi Edukasi dengan judul “Bolehkah Laki-Laki Memakai Gelang” dianggap kurang tepat jika dijadikan dalil larangan pemakaian gelang. Tulisan ini bertujuan, mendiskusikan hadis Nabi tentang larangan tashabbuh yang dijadikan dalil larangan pemakaian gelang bagi laki-laki dalam akun Animasi Edukasi yang dikutip dari  kitab hadis Imam al-Bukhariy. Secara umum artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan berbentuk sebuah kajian kepustakan atau library reasearch. diskusi ini akan dilakukan berdasarkan teori resepsi yang kemudian akan dianalisis secara informatif. Analisis informatif merupakan analisis mendalam yang terfokus terhadap matan hadis sebagai titik fokus kajian sehingga dapat ditemukan pemahaman menyeluruh terhadap kandungan suatu teks hadis. penelusuran terhadap teks hadis akan dilakukan secara tekstual dan kontekstual, serta implikasinya ketika digunakan sebagai dalil larangan pemakaian gelang bagi laki-laki. Tulisan ini sampai pada temuan bahwa hadis larangan tasyabbuh tidak semerta-merta dapat dijadikan dalil pengharaman memakai gelang bagi laki-laki tanpa melihat kondisi sosial dan kultur tempat ia tinggal. Gelang dapat dikatakan haram bagi seorang laki-laki ketika kondisi sosial tempat ia tinggal memiliki kultur atau anggapan bahwa gelang adalah perhiasan khusus perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Asqalaniy, (al) Ahmad Ibn ‘Ali Ibn Hajar. Fath al-Bariy bi Syarh al-Bukhariy, Jil. 10. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1379 H.

Abubakar, Rifa’I. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga, 2021.

Afifah, Bahiroh Dkk. “Kontroversi Visualisasi Hadis Berjilbab Seperti Punuk Unta Dalam Konten Media Sosial Tiktok”. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, Vol. 5. No. 1 (Januari, 2025).

Ahsan, M. Fahmi H. “Larangan Berpakaian Menyerupai Lawan Jenis (Studi Ma’ani al-Hadits Riwayat Sunan Abi Dawud Nomor Indeks 4097)”. Skripsi—UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Akun Tik Tok “Animasi Edukasi”, https://vt.tiktok.com/ZShy8bBLc/ (Diposting 02 Agustus 2024)

Akun Tik Tok “Animasi Edukasi”, https://vt.tiktok.com/ZSkbNVPNC/ (Diposting 04 Mei 2024)

Arif. Syaifulloh dkk. “Dha’if Al-Jami’al-Shaghirah Wa Ziyadatuh (Al-Fath Al-Kabir) Karya Imam Muhammad Nashir Al-Din Al-Baniy”. Mahabbah: Jurnal Ilmu Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 1. 2025.

Arif. Syaifulloh Dkk. “Hadis Di Madinah (Dari Masa Kelahiran Hingga Pembukuannya)”. Jurnal Media Kademik. Vol. 2. No. 12. Desember, 2024.

Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, “Gelang”. Dalam KBBI Daring, 30 Juni 2025.

Battal, (al) Ibn, Abu al-Hasan ‘Ali ibn al-Khalaf ibn ‘Abd al-Malik. Syarh Sahih al-Bukhariy Li Ibn al-Battal, Jil. 9. Riyad: Dar al-Nashr, 2003.

Bukhariy, (al) Abi ‘Abd Allah Muhammad ibn Isma’il. Al-Jami’ Al-Sahih Al-Musnad Min Haditsi Rasulillah SAW Wa Sunanihi Wa Ayyamihi. Jil 4. t.t: al-Maktabah al-Salafiah, 1400 H.

Cahyono, Anang Sugeng. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masayarakat Di Indonesia”. Publiciana, Vol. 9. No. 1. 2016.

Dawud, Abu. Sunan Abi Dawud. Riyad: Maktabah al-Ma’arif, 1988.

Firamadhina, Fadhlizha Izzati Rinanda dan Hetty Krisnani. “Perilaku Gen Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tik Tok: Tiktok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme”. Share: Sosial Work Jurnal. Vol. 10, No. 2. 2024.

Husayniy, (al) Ibn Hamzah. al-Bayan Wa al-Ta’rif Fi Asbab Wurud al-Hadits al-Syarif, Jil. 2. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Arabiy, t.t.

Irfandi, Harpina dan M. Andi. “Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V A Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bulukumba”. Fikruna, Vol. 5. No. 1. 2022.

Jamal al-Din Abi al-Hajjaj, Tahdzib al-Kamal Fi Asma’ al-Rijal, Jil. 12. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1980.

_______________________________Jil. 15. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1980.

_______________________________Jil. 20. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1980.

_______________________________Jil. 23. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1980.

_______________________________Jil. 24. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1980.

_______________________________Jil. 25. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1980.

Khoiri, Miftahul dkk. “Sejarah Pakaian Muslim Arab Pada Masa Islam Awal”. Thaqafiyyat: Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam, Vol. 22, No. 1. 2023.

Komentar pada Akun Tik Tok “Animasi Edukasi”, https://vt.tiktok.com/ZShyjL6Fe/ (Diposting 01 Desember 2024)

Majah, Ibn. Sunan Ibnu Majah. Riyad: Bait al-Afkar al-Dawliyah, t.t.

Mandira. I. Made Chandra dan Kadek Diah Yulia Carey. "Personal Branding di Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi President Oriflame)" MBIA: Journal Management, Business, and Accounting. Vol. 22. No. 1. 2023.

Mubarik, Syahidil. “Resepsi Hadis Dalam Film Pendek “Kaya Tapi Missqueen” Channel You Tube Islamidotco (Kajian Living Hadis)”. Jurnal Studi Hadis Nusantara, Vol. 3. No. 2 (Desember, 2021).

Mulaqqin, (al) Ibn. Al-Taudih Li Syarh Al-Jami’ Al-Sahih, Jil. 28. Damaskus, Dar al-Nawadir, 2008.

Pratama, Angga Liberty. Wawancara, Instagram, 06 Juni 2025.

R. Magdalena. “Kedudukan Perempuan Dalam Perjalanan Seejarah (Studi Tentang Kedudukan Perempuan Dalam Masyarakat Islam)”. Harkat An-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak. Vol. 2, No. 1. 2017.

Ramdini, Hanri. “Tipologi Pemahaman Hadis Secara Tekstual Dan Kontekstual”, Tammat. Vol. 3. No. 2. 2013.

Rosyad, Sabilar dan Muhammad Alif. “Hadis Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Penggunaan Teknologi Dalam Studi Hadis”. Jurnal Ilmu Agama. Vol. 24, No. 2 (Desember, 2023).

Tirmidziy, (al). Sunan al-Tirmidziy. Riyad: Maktabah al-Ma’arif, 1998.

Yasir, Muhammad. “Kitab Musnan Ahmad Ibn Hanbal,” Jurnal Menara, Vol. 12, No. 2. Juli-Desember, 2013.

Zuhri dkk. Islam, Tradisi Dan Peradaban. Yogyakarta: Bina Mulia Press, 2012.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Arif, S., Fahrul, F., Sultoni, S., Mubarok, H., & Qolbi, I. (2025). RESEPSI HADIS LARANGAN MEMAKAI GELANG BAGI LAKI-LAKI DALAM AKUN TIK TOK ANIMASI EDUKASI (ANALISIS INFORMATIF). Jurnal Syaikh Mudo Madlawan: Kajian Ilmu - Ilmu Keislaman, 2(2), 205–218. Retrieved from https://journal.iai-daraswaja-rohil.ac.id/index.php/jsmm/article/view/153