MADRASAH MAMBA'UL 'ULUM SURAKARTA SIMBOL PERLAWANAN PENDIDIKAN ISLAM DI MASA KOLONIAL BELANDA
MADRASAH MAMBA'UL 'ULUM SURAKARTA SIMBOL PERLAWANAN PENDIDIKAN ISLAM DI MASA KOLONIAL BELANDA
Keywords:
Madrasah Mamba'ul 'Ulum, Pendidikan Islam, Surakarta, Perlawanan Kolonial, Simbol KetahananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran dan pengaruh Madrasah Mamba'ul 'Ulum dalam perkembangan pendidikan Islam di Surakarta selama masa kolonial Belanda, di mana madrasah ini muncul sebagai simbol perlawanan terhadap dominasi pendidikan kolonial. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesenjangan pendidikan yang disebabkan oleh kebijakan diskriminatif pemerintah kolonial, yang lebih mendukung sekolah-sekolah Barat daripada lembaga pendidikan pribumi. Madrasah Mamba'ul 'Ulum, sebagai salah satu madrasah tertua di Surakarta, tidak hanya berupaya mempertahankan identitas keislaman, tetapi juga menegaskan keberadaannya sebagai pusat perlawanan intelektual terhadap upaya penghapusan pendidikan Islam oleh kolonialisme. Melalui metode penelusuran pustaka (library research) yang mengumpulkan data dari berbagai sumber primer dan sekunder, penelitian ini menemukan bahwa madrasah ini berperan penting dalam mempertahankan dan mengembangkan pendidikan Islam. Lulusan madrasah ini berkontribusi signifikan dalam memperluas jaringan pendidikan Islam dan memperkuat komunitas Muslim di Surakarta. Temuan ini menegaskan bahwa Madrasah Mamba'ul 'Ulum tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai simbol ketahanan dan perlawanan pendidikan Islam di masa kolonial.
Downloads
References
Abdullah, A. J. P. H. S. J. (2013). Perkembangan pesantren dan madrasah di Indonesia dari masa kolonial sampai orde baru. 23(2). doi: https://doi.org/10.15294/paramita.v23i2.2673
Abidin, H. M. o. (2012). Gagasan dan Gerak Dakwah Mohammad Natsir: Hidupkan Dakwah Bangun Negeri: Gre Publishing.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. J. E. J. P. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. 6(1), 974-980.
Azizah, S. N. (2016). Peran Paku Buwono X Dalam Membendung Kristenisasi Di Surakarta (1893-1939). Retrieved from
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31767
Daryanto, J., Rustopo, & Sunarto, B. (2020). Contribution and Innovation of Paku Buwana X in Education. Paper presented at the Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education.
Hakim, S. A. RISALAH IBROHIM Berjuang dan Mencintai Indonesia. In: UHAMKA PRESS.
Hariadi, S. A. (2015). Evolusi pesantren; studi kepemimpinan kiai berbasis orientasi esq: Lkis pelangi aksara.
Jamrizal, H. (2022). Pembaharuan Pendidikan Madrasah Guna Menyikapi Kemajuan Global: uwais inspirasi indonesia.
Joebagio, H. J. M. J. o. R. S. (2005). Politik Pendidikan Islam Paku Buwana X. 67-82. doi:https://doi.org/10.20885/millah.vol5.iss1.art5
Joko, S., Mulyanto Abdullah Khaoir, Kasori Mujahid, Nur Hadi, Muhammad Isa Anshori, Sidrotun Na'im, Djoko Trisnowidodo. (2024). Tarikh Mamba'ul 'Ulum: Refleksi Sejarah Kejayaan Pendidikan Islam di Surakarta. In M. Edy, Mukhlis Fathurrohman (Ed.), (Vol. 218): Penerbit Lakeisha, Klaten Jawa Tengah.
Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(01), 36-39.
Luthfi, A. M. (2018). Manajemen Strategis Kementerian Agama RI dalam Mengembangkan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah,
Mahanani, Q. F. I. (2020). PERANAN PAKU BUWANA X DALAM MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM MAMBAUL ‘ULUM DI SURAKARTA TAHUN 1905-1939. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA,
Mulyanto, M., Saefuddin, D., Husaini, A., & Bachtiar, T. A. J. T. d. J. P. I. (2021). Kebijakan pendidikan Pakubuwana X dan pengaruhnya terhadap pengembangan pendidikan Islam di Surakarta tahun 1893-1939. 10(1), 1-12. doi:https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.1977
Mulyanto, M., Saefudin, D., Husaini, A., & Bahtiar, T. A. (2019). Modernisasi Madrasah Awal Abad XIX: Studi Analisis Madrasah Mambaul Ulum Surakarta 1905-1945. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 369-396. doi:https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.537
Mulyanto, M. J. M. u. U. (2021). Peran Pakubuwono X Dalam Pegembangan Dakwah Islam Di Surakarta 1893-1939. 24-36. doi:https://doi.org/10.54090/mu.10
Munif, F. (2020). Pengembangan Madrasah melalui Modal Sosial. Jurnal kependidikan, 8(1), 84-98. doi:https://doi.org/10.24090/jk.v8i1.5133
Nuryati, S. (2010). Mambaul ‘Ulum Dalam Peningkatan Pengamalan Dan Syiar Islam (Dinamika Pendidikan Islam Dalam Mencetak Ulama Di Surakarta Tahun 1905-1945.
Pamil, J., Munir, A., & Vebrianto, R. J. A.-D. J. S. I. a.-Q. a. d. a.-H. (2020). Synchronization and Scientific Miracle of Chapters and Verses Numbers of The Quran. 13(2), 157-170. doi:http://dx.doi.org/10.24042/al-dzikra.v13i2.4292
Setiawan, Z., & Syakur, A. (2022). Progressive Islamic Education in Mambaul Ulum Madrasa Surakarta (1905-1945). Paper presented at the International Conference of Learning on Advance Education (ICOLAE 2021).
Sutopo, I. R. (2010). Peran Paku Buwono X Dalam Pergerakan Nasional.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan: Nilacakra.
Yatim, B. (2000). Sejarah Perkembangan Madrasah In A. Azra (Ed.): Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Yiu, L. (2020). Educational injustice in a high-stakes testing context: A mixed methods study on rural migrant children’s academic experiences in Shanghai public schools. Comparative Education Review, 64(3), 498-524
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ngatmin Abbas, Mukhlis Fathurrohman, Rara Intan Mutiara Fajrin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.