HARMONI SPIRITUALITAS: MENGGALI FUNGSI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH

Authors

  • Rahmad Fauzi Lubis IAI Diniyah Pekanbaru

Keywords:

Harmoni, Spritualitas, Pembelajaran PAI, Sekolah

Abstract

Fungsi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah sangat penting dalam membentuk karakter dan akhlak siswa. Pembelajaran PAI bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai ajaran Islam, serta mengembangkan nilai-nilai moral dan etika yang sesuai dengan prinsip-prinsip agama. Selain itu, PAI juga berperan dalam memperkuat identitas keagamaan siswa, meningkatkan toleransi antarumat beragama, dan mendorong siswa untuk menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pembelajaran PAI, siswa diajarkan tentang konsep dasar iman, ibadah, dan akhlak, serta pentingnya hubungan sosial yang baik dalam masyarakat. PAI juga berfungsi sebagai alat untuk membangun rasa tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dengan demikian, pembelajaran PAI tidak hanya berfokus pada aspek religius, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan karakter dan sikap positif siswa di berbagai aspek kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., & Setiawan, F. (2023) "Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Sekolah: Dampak terhadap Karakter Siswa." Jurnal Pendidikan Agama dan Pemikiran, 14(2), 112-126

Arifin, Z. (2020). Pendidikan Agama Islam: Teori dan Praktik di Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Desiana, A., & Wijayanti, T. (2023). "Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Identitas Sosial Siswa." Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(4), 233-245.

Farhan, Z. (2022). Strategi Efektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.

Fauzi, M. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Etika dan Moral Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hafiz, A., & Zainuddin, M. (2023). "Efektivitas Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa." Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 67-80

Hidayat, A. (2019). mplementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah: Strategi dan Metode Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ismail, M., & Hidayat, A. (2023)."Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 123-135.

Kamal, S. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Semarang: Unnes Press.

Kurniawan, H., & Lestari, N. (2022). "Strategi Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Kualitas Moral Siswa." Jurnal Penelitian Pendidikan Agama, 16(2), 98-110.

Lestari, D., & Gunawan, H. (2023).** "Fungsi PAI dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Kepemimpinan Siswa." Jurnal Manajemen Pendidikan, 20(3), 145-159.

Mansur, A. (2021) Fungsi dan Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyadi, R., & Salim, U. (2023). "Pengaruh Pembelajaran PAI Terhadap Sikap Toleransi di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(3), 202-215

Nuraini, R. (2023). "Pendidikan Agama Islam sebagai Sarana Pembinaan Sosial Siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(4), 321-330.

Nurdin, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Malang: UIN Malang Press.

Rahman, I., & Fatimah, S. (2022). "Pengaruh Pembelajaran PAI terhadap Etika dan Moral Siswa." Jurnal Ilmu Pendidikan*, 15(1), 45-58.

Rizky, E., & Hanifah, L. (2023). "Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran PAI untuk Membangun Karakter Siswa." Jurnal Pendidikan dan Nilai 15(2), 87-100.

Rohman, A. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter: Perspektif Teoritis dan Praktis. Jakarta: Prenada Media.

Salim, U. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Malang: Penerbit UIN Malang.

Sari, D. P., & Kusuma, A. (2023). "Implementasi Kurikulum PAI dalam Meningkatkan Toleransi di Sekolah." *Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, 8(3), 201-215

Sukardi, H. (2019). Integrasi Pendidikan Agama dalam Kurikulum Pendidikan Nasional. Semarang: Laksana.

Syafi’i, M. (2021). Nilai-Nilai Moral dalam Pendidikan Agama Islam: Teori dan Praktik. Surabaya: Zaman.

Syahrini, N., & Rachman, A. (2022)."Pendidikan Agama Islam sebagai Pilar Pembinaan Moral di Sekolah." Jurnal Pendidikan Moral dan Etika, 9(1), 55-70.

Taufik, M., & Pratiwi, R. (2022) "Fungsi PAI dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa." Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 99-112.

usni, S. (2020). Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Wardani, S. (2022) "Pendidikan Agama Islam dan Tanggung Jawab Sosial Siswa." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(2), 150-165.

Yusuf, M., & Indriani, S. (2022). "Peran PAI dalam Menumbuhkan Kesadaran Sosial di Kalangan Siswa." Jurnal Penelitian Pendidikan dan Sosial, 17(4), 210-224.

Yusuf, R. (2021). Pembelajaran PAI yang Inovatif untuk Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Erlangga.

Zainuddin, M. (2022). Metode Pembelajaran PAI yang Efektif: Membangun Karakter dan Etika Siswa. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Rahmad Fauzi Lubis. (2025). HARMONI SPIRITUALITAS: MENGGALI FUNGSI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH. ABDUSSALAM : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 15–22. Retrieved from https://journal.iai-daraswaja-rohil.ac.id/index.php/abdussalam/article/view/39

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.